INFO: Mawapres 2013


Tahun ini semua fakultas mengirimkan mahasiswa-mahasiswanya dalam seleksi Mawapres 2013. Setelah melewati babak penyisihan dan semifinal, akhirnya terpilih 20 Finalis Mahasiswa Berprestasi Unika Atma Jaya 2013.



Mawapres 2013

Unika Atma Jaya sebagai salah satu perguruan tinggi yang masuk dalam 50 Promising Indonesian Universities senantiasa berupaya menjadi perguruan tinggi terkemuka yang memiliki keunggulan akademik dan profesional di tingkat nasional dan internasional sesuai dengan visi dan misi. Dalam mewujudkan hal tersebut, salah satu pilar pentingnya adalah kualitas mahasiswa yang diharapkan memiliki keunggulan tidak hanya di bidang akademik, namun aktif dalam kegiatan kemahasiswaan. Aktivitas soft skill melalui kegiatan kemahasiswaan diharapkan mampu membentuk mahasiswa menjadi lulusan yang mandiri, kreatif, penuh inisiatif, bekerja secara cermat, penuh tanggung jawab, gigih, beretika, dan berkarakter.



Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Unika Atma Jaya menggelar ajang tahunan Pemilhan Mahasiswa Berprestasi  yang diselenggarakan di Auditorium Gedung Yustinus lantai 15 pada Jumat, 24 Mei 2013. Tahun ini merupakan tahun keempat ajang Pemilihan Mawapres (Mahasiswa Berprestasi) 2013. Malam Penganugerahan Mawapres 2013 ini dibuka dengan sambutan dari Rektor Unika Atma Jaya, Prof. Dr. Ir. M.M. Lanny W. Pandjaitan, M.T. Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap acara Pemilihan Mawapres 2013, “Apresiasi dan penghargaan menjadi hal penting di lingkungan Unika Atma Jaya yang selalu memandang mahasiswa merupakan penerus bangsa sebagai manusia dengan martabat yang luhur, kegiatan ini tentunya merupakan ide dan komitmen dari para Wakil Dekan setiap Fakultas dan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan yang layak untuk diapresiasi.”


Mahasiswa Psikologi yang lolos hingga babak final ada 5 orang, yaitu :
1. Arnold Lukito (2010 – Pembimbing karya tulis ilmiah Mas Danny)                                 
2. Tesar Gusmawan (2010 - Pembimbing karya tulis ilmiah Bu Nani),
3. Gracia Stephanie (2010 - Pembimbing karya tulis ilmiah Mbak Yini),
4. Clara Agusta (2011 - Pembimbing karya tulis ilmiah Pak Irwanto),
5. Vina Lukito (2011 - Pembimbing karya tulis ilmiah Atink)


Proses pemilihan Mawapres sudah berlangsung sejak Februari 2013 lalu. Sebanyak 50 mahasiswa yang menyerahkan berkas kepada Panitia Pemilihan Mawapres. Dari 50 mahasiswa kemudian diseleksi melalui beberapa tahapan penjurian, meliputi nilai IPK, TOEFL dan kegiatan ko/ekstra kurikuler. Melalui tahap ini, terpilihlah 30 semifinalis mahasiswa berprestasi 2013. Kemudian ketiga puluh mahasiswa tersebut diwajibkan untuk menyusun karya tulis ilmiah dengan tema “Mahasiswa Indonesia Cerdas dan Kompetitif,” meringkas tulisan dalam bahasa Inggris dan presentasi karya tulis ilmiah tersebut. Jumlah kemudian meyusut menjadi 20 finalis mahasiswa berprestasi 2013. Selain itu, kedua puluh semi finalis juga melakukan tes kepribadian dan tes narkoba.


Mawapres Favorit

Malam Penganugerahan Mawapres 2013 kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mawapres tahun ini mengadirkan nuansa baru dengan adanya Mawapres Favorit. Mahasiswa favorit dipilih langsung oleh peserta yang hadir dengan mengikuti on-site polling. Dari on-site polling, terpilihlah Eduardus Ivan, mahasiswa Fakultas Ekonomi, sebagai Mawapres Favorit 2013.



STAMPAcara spektakuler ini turut dimeriahkan oleh STAMP (Seni Tari Mahasiswa Fakultas Psikologi) dengan membawa tari Saman dari Aceh, Hip Hop Dance – Break Dancer persembahan dari mahasiswa Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Psikologi, tari Bali dan tari Piring persembahan Indonesian Heritage Performance dari mahasiswa Fakultas Teknobiologi. Selain itu ada penampilan pemain music instrumental dari mahasiswa Fakultas Psikologi, UKM PSGSJ (Paduan Suara Gita Swara Jaya) dan UKM Pat Djiu Wushu.



Acara yang melibatkan mahasiswa perwakilan dari semua fakultas sebagai penerima tamu ini menghadirkan juri yang tidak hanya berkompeten secara akademis namun juga merupakan praktisi. Dewan juri terdiri dari Bapak Zuhairi Misrawi, Intelektual Muda Nahdlatul Ulama (NU); bapak Lukas Lukman Wijaya, CEO Bina Busana Internusa; Ibu Nurmaningsih, Anggota Badan Nasional Sertifikasi Profesi; Bapak Trias Kuncahyono, Wakil Pemimpin Redaksi Harian KOMPAS; Bapak Muliawan Margadana, Pengurus Yayasan Atma Jaya dan Juri Kehormatan, Ir. Makdin Sinaga, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan.



Dari hasil seleksi dan akumulasi penilaian juri terhadap penampilan pamungkas 20 finalis, akhirnya terpilih lima Mahasiswa Berprestasi Unika Atma Jaya 2013. Kelima mahasiswa tersebut adalah Marsela Giovani Husen (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan),  Davin Susanto (Fakultas Hukum), Vina Lukito, dan Tesar Gusmawan (Fakultas Psikologi) serta Sonnia Haryani (Fakultas Kedokteran). Selamat untuk para pemenang.



Kelima Mawapres 2013 berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai persembahan Unika Atma Jaya sebesar Rp 5.000.000,- serta hadiah dari sponsor yaitu  Elex Media Computindo, Kalbe Farma dan buku dari Ibu Nurmaningsih.



Sedangkan semua finalis memperoleh beasiswa dari Unika Atma Jaya dan hadiah dari  Bina Busana Internusa Garment, Kalbe Farma, dan buku dari Bapak  Muliawan Margadana. Sponsor kegiatan ini adalah PT. Resitama Pratithasahya, Bank Mandiri, Kalbe Farma, Artha Lima, iX Centre, dan Elex Media Computindo.

Mawapres 2013


Kami mengucapkan selamat kepada kelima finalis Mahasiswa Psikologi yang terpilih menjadi finalis Mahasiswa Berprestasi
1. Arnold Lukito (2010)
2. Tesar Gusmawan (2010)
3. Gracia Stephanie (2010)
4. Clara Agusta (2011)
5. Vina Lukito (2011)

dan selamat kepada Tesar Gusmawan dan Vina Lukito telah terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi 2013 mewakili Fakultas Psikologi :)

Salam hangat, 
KOMPSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar