Profil & Sejarah KOMPSI

KOMPSI atau Komunitas Mahasiswa Psikologi, adalah sebuah organisasi setara Badan Perwakilan Mahasiswa atau BPM yang telah berdiri sejak 30 April 2002. KOMPSI merupakan organisasi tertinggi FP UAJ yang memiliki fungsi sebagai wadah penampung aspirasi mahasiswa/i FP UAJ. KOMPSI memiliki posisi yang setara dengan Wakil Dekan III dan memiliki hubungan yang bersifat konsultatif, serta membawahi organisasi lainnya seperti: Himpunan Mahasiswa Fakultas Psikologi (HIMAPSI), Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Psikologi (UKMFP) KMPA PELANGI, MAPLE & PENA

Visi KOMPSI adalah Menjadikan KOMPSI sebagai lembaga mahasiswa FP UAJ yang dapat secara berkesinambungan mewujudkan mahasiswa yang berkeTuhanan, berkarakter, memiliki kepedulian sosial yang komprehensif dengan segala potensi yang ada; dan misinya adalah Mewujudkan KOMPSI sebagai wadah di mana mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Atma Jaya secara bersama-sama mengembangkan diri dan orang lain, sehingga dapat menjadi pelaku perubahan melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Selain itu, seperti yang telah disebutkan, KOMPSI berfungsi sebagai perwakilan mahasiswa yang menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa/i fakultas.

KOMPSI, sebagai sebuah organisasi, tentunya memiliki pengurus dan anggota. Anggota KOMPSI adalah seluruh mahasiswa/i aktif FP UAJ, sedangkan pengurusnya adalah para Wakil Angkatan dari angkatan aktif, utusan HIMAPSI, utusan UKMFP (Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas Psikologi), serta utusan calon UKMFP. Wakil Angkatan merupakan mahasiswa/i dari setiap angkatan aktif yang dipercaya oleh angkatannya dapat menyalurkan aspirasi angkatannya. Setiap Wakil Angkatan diasumsikan mewakili 40 orang dari angkatannya; sehingga biasanya terdapat 4 atau 5 Wakil Angkatan di angkatan tertentu tergantung jumlah mahasiswa aktifnya. Wakil Angkatan dipilih melalui dua cara, yaitu VOTING Wakil Angkatan (2 putaran) dan juga mencalonkan diri sendiri untuk menjadi Wakil Angkatan dengan mengumpulkan 40 tanda tangan mahasiswa/i angkatannya (PENCALONAN W.A MANDIRI).

Wakil-Wakil Angkatan menjalankan fungsi sebagai penampung dan penyalur aspirasi, serta menjadi jembatan antara mahasiswa/i dan fakultas. Namun demikian, mereka juga menjalankan fungsi mereka sebagai pengurus organisasi KOMPSI. Di dalam kepengurusan organisasi KOMPSI, setiap pengurus adalah setara dalam posisi dan bukan bersifat hierarki, melainkan bersifat bundar (oleh karena itu, setiap keputusan yang akan diambil haruslah mewakili minimal 2/3 jumlah pengurus). Terdapat Badan Pengurus Harian atau BPH, serta tim-tim yang mungkin berbeda di setiap tahun kepengurusannya. BPH terdiri atas Sekretaris Jendral atau Sekjen, Sekretaris, dan Bendahara. Sekjen bukanlah pemimpin, melainkan fasilitator / koordinator, dan pengambilan keputusan di saat yang mendesak di dalam KOMPSI.

Selain itu, terdapat pula tim-tim (divisi) di dalam KOMPSI yang mungkin berbeda di setiap tahun kepengurusan. Pada kepengurusan 2007/2008, terdapat tiga buah tim, yaitu tim sosialisasi informasi, tim pemilihan, dan tim AD/ART. Pada kepengurusan 2008/2009, terdapat empat buah tim, yaitu tim sosialisasi informasi, tim pemilihan dan kaderisasi, tim akademis, dan tim litbang (penelitian dan pengembangan). Keberadaan tim-tim ini bergantung kepada kebutuhan di tahun tersebut dan tim-tim ini menjadi gambaran bagaimana KOMPSI berproses.

KOMPSI sebagai sebuah organisasi yang baru berdiri selama 6 tahun, memiliki sejarahnya sendiri. Pada awalnya, FP UAJ memiliki BPM dan Senat. Akan tetapi sejak tahun 2000, kedua badan organisasi tersebut dibubarkan karena tidak dapat mewakili aspirasi mahasiswa/i-nya. Pada tahun 2002, dibentuklah KOMPSI sebagai badan legislatif yang siap menampung aspirasi mahasiswa/i-nya dan HIMAPSI sebagai badan eksekutifnya. KOMPSI, sejauh ini sudah memiliki 6 orang Sekjen yang telah disahkan melalui Rapat Akbar Mahasiswa atau RAM, yaitu:
1. Periode 2003/2004 – Dion
2. Periode 2004/2005 – Anin
3. Periode 2005/2006 – Ayu
4. Periode 2006/2007 – Jonathan
5. Periode 2007/2008 – William SB
6. Periode 2008/2009 – Astra Gratia
7. Periode 2009/2010 - Jessica Farolan

Related Post:
Struktur Organisasi
Kegiatan KOMPSI 2008/2009
KOMPSI Kepengurusan 2009/2010 (added soon)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar